Jumat, 02 Januari 2015

Korea Selatan #3 : Conference Day!

Standard
Happy holiday and Happy New Year ! :)

Sebelumnya Aku bercerita tentang Trip di Daejeon. Kali ini, Aku akan bercerita tentang kegiatanku selama konferensi di Daejeon. Tapi, sebelum itu, Aku ingin memberi tahu dimana Aku, Chika, dan Lili tinggal selama di Daejeon. Kami tinggal di sebuah hostel bernama Yuseong Youth Hostel. Lokasi hostel kami lumayan jauh dengan lokasi acara CISAK di University Science and Technology (UST). Kami perlu menggunakan taksi dari hostel untuk menuju UST sekitar 2.500 Won. Biaya ini terasa murah kalau berangkatnya 4-5 orang sekaligus. 

Penginapannya cukup nyaman dan bisa dibilang murah. Untuk dua malam, 1 kamar yang cukup untuk 4 orang ini sejumlah 90.000 Won. Kami sekamar dengan Kak Resa dari UPN Surabaya yang juga ikut CISAK. Jadi biaya penginapan menjadi lebih murah. Alhamdulillah... :)
Cuaca saat itu tidak cerah, mendung dan gerimis kecil. Namun, dibalik jendela kamar kami terlihat gunung dan beberapa pohon rindang. Kalau kata Kak Resa, yang sudah bertolak ke Itaewon dan Seoul city, di sini merupakan tempat yang bisa dibilang "ndeso". Menurutku, Daejeon ini memang bukan kota metropolitannya Korea Selatan. Ah, Aku tidak peduli apakah ini desa atau kota, yang penting bisa tidur dengan nyaman ala ala Korea! :')

Kita Tidur di sana! :)
Sesampainya di penginapan, kami bebenah diri dan melakukan persiapan untuk presentasi besok! Ya, lebih tepatnya Aku yang melakukan presentasi besok (o.O). Kali pertama Aku presentasi in english di ajang konferensi seperti ini. Kala itu, Aku tidak bisa membayangkannya dan hanya bisa latihan presentasi di hadapan Chika dan Lili dengan sebaik-baiknya. Whoaaa fighting! Rasanya dag dig dug!

24 Agustus 2014
D-Day! Hati semakin bergemuruh mengingat harus presentasi. :")
Siap-siap berangkat dengan pakaian dan kesiapan paling baik! Bismillah..
Datang ke lokasi pukul 8 pagi dan mendapatkan seperangkat aksesoris Conference. :) Acara pertama adalah seminar yang di isi oleh Kang Goris Mustaqim dan Pak Wawan Gunawan. Sebenarnya Aku kecewa karena keynote speaker yang seharusnya di-isi oleh Pak Habibie digantikan oleh orang lain. Huhu.... Tapi, tak apa, yang penting kan ilmunya! Hehe... 
Kaos, Nametag, Goodie bag, Pulpen, etc!
Pembicara pertama, Kang Goris adalah seorang Entrepreneur lulusan ITB. Beliau ini menyampaikan presentasi dengan judul "Ingat Kampung, Pulang Kampung, Bangun Kampung". Seketika membaca judulnya saja Aku merasa tertohok. Kenapa Aku merasa tertohok? Aku ini di lahirkan di Madura. Kedua orangtuaku asli Madura. Tapi, Aku sejak kecil sekolah di Jakarta (TK, SD, SMA)-Bogor (SD,SMP)-Depok (PT). Tinggalpun di Kabupaten Bogor. Budaya mana yang Aku bawa dan menjadi identitasku? Fufufu... Bahasa Madura pun Aku pasif. :'(. Maka, sesi pertama ini sukses membuatku semangat untuk membangun kampung halamanku suatu saat nanti. :')
Pembicara Pertama dan Kedua
Pembicara kedua, Pak Wawan Gunawan, Professor ITB. Berbeda halnya dari Kang Goris, Pak Wawan berbicara lebih tentang Perkembangan Riset dan Teknologi di Indonesia. Judul presentasi yang dibawa beliau berjudul " ERI- Indonesian Landscape to Enhance Nation Self-Sustainable in Science and Technology Education Research & Innovation". Pada sesi ini, membuatku tersadar akan masih kurangnya Indonesia dalam bidang riset dan perkembangan teknologi. Dalam sesi tanya jawab, ada hal yang menarik dari salah satu penanya. Dia menanyakan "Mungkinkah ada pulau penelitian di Indonesia?". Ah, dia benar juga ya. Indonesia kan punya banyak pulau. Kenapa gak ada satu pulau khusus untuk penelitian? Pemikiran yang bagus. :)) Aku jadi semakin termotivasi untuk menjadi seorang peneliti. Hanya saja masih banyak PR yang harus Aku tempuh untuk mencapainya. Fighting! (9^.^)9
Foto Bersama!
Sesi seminar usai sudah. Saatnya sesi presentasi! Aaaakkkkkk.... jantung kembali berdegup kencang. Untung saja ada Lili dan Chika yang selalu memberi support. Sesi presentasi terbagi ke dalam beberapa ruang yang berbeda sesuai cluster rumpun ilmu, yaitu Food & Agriculture, Energy, Natural Science, Applied Science and Technology, Interdiciplinary Social Science, Healthcare & Pharmacy, and Electronics, Communications, and Informtics. Sebelum presentasi tiba, kami melakukan rehearsal dulu di dekat ruang kami presentasi, cluter Health & Pharmacy. Thanks a bunch for my beloved friends, Lili and Chika! Saat presentasi, semua mata di dalam ruangan seolah-olah menusuk mataku. Ihik. Well, usai presentasi selesai, semua beban pikiran hilang sudah. Degup jantung kembali normal sepertinya. Haha...Alhamdulillah.. :') Aku juga mendapatkan ilmu di dalam ruangan presentasi. Banyak sekali ilmu yang Aku dapat.

Ada hal yang membuatku agak terkejut di dalam ruangan, yaitu ada salah satu presentan yang mempresentasikan hasil penelitiannya di Talango, Madura. hey, Madura? Apakah dia berasal dari Madura? dan ternyata kami satu asal Universitas beda jurusan! -_-" Ah, rasanya saat itu seperti ketemu saudara dan semangat membangun kampung halaman semakin meningkat dengan dipertemukannya Aku dengan kakak itu. Ya, Allah..Inikah rencanaMu? Semoga saja! Pikirku saat itu. :') Usai sesi presentasi, kami tak lupa mengabadikan momen acara dengan berfoto ria! Kemudian kami semua peserta CISAK pergi menuju KAIST untuk Gala Dinner sebagai penutupan acara. Gala Dinner ini menurutku makan sore meskipun waktu menunjukkan pukul 7 malam dan karena masih terlihat sore. :'D 


Gala Dinner dengan sendok Jumbo! Ada Kimchi tapi gak ke foto. -_-"
Acara Conference telah berakhir, lalu kami pulang menuju hostel. Hari itu adalah malam terakhir kami di Daejeon yang menakjubkan. Kami berbincang-bincang dengan Kak Resa sebelum esok pagi berpetualang ke Seoul City. Kami semua sangat awam dengan keadaan Seoul. Beruntungnya kami bisa satu kamar dengan Kak Resa yang sudah keliling Seoul sebelum ke Daejeon bertemu dengan kami. Kami banyak bertanya ini itu dan di jelaskan serta diberi modal alamat di kertas untuk menuju Seoul. Ya, kami sengaja spare waktu beberapa hari untuk berkunjung ke Seoul city. Aku hanya spare waktu satu hari sedangkan Chika dan Lili spare waktu lebih lama satu hari dariku. Jadi, Aku pulang ke Indonesia sendiri tanpa mereka. :")

Ini modal/kunci utama kami pergi ke Seoul! :)
Begitulah cerita selama satu hari Conference! Ternyata konferensi internasional seperti itu adanya. Alhamdulillah diberikan kesempatan punya pengalaman! I thought you can also, just try and try! :)) Sampai Jumpa di cerita berikutnya tetap bersama Aku, Lili, dan Chika di kota Seoul! :)

Spoiler: Korea Selatan #4: Seoul City!








0 komentar :

Posting Komentar

Yuk, berikan komentarmu! :D No spam comment yaaaaa..